Senin, 14 Juli 2008

DIGITAL VS ANALOG

DIGITAL VS ANALOG

Begitu banyak barang-barang yang serba digital mulai dari jam digital, kamera digital, radio digital, dan macam-macam barang digital lainnya. Barang-barang yang menggunakan sistem digital memudahkan orang orang yang menggunakannya, tidak perlu kerepotan untuk membawa ataupun mengoprasikannya. Digital merupakan kunci teknologi masa depan, karena dapat dengan akurat menunjukkan data dan dapat mempermudah manipulasi serta disimpan. Banyak keuntungan yang didapat dari digital.yaitu :
• Memberikan kemudahan dalam penggunaannya
• Eror selalu dapat dikoreksi
• Sangat mengurangi jumlah data yang diperlukan untuk memproses, menyimpan, men-display, dan mengirim informasi.
• Dapat memproduksi data dengan tidak terbatas jumlahya tanpa pengurangan kualitas .
• Bias dengan mudah memanipulasi data dengan presis tinggi.
• Dapat mempermudah atau menggabungkan berbagai produk digital kedalam satu wadah atau tempat, contohnya: dari kamera, MP3, alat penghitung (kalkulator), jam hingga internet tergabung atau terkumpul menjadi satu wadah yaitu teknologi telepon seluler atau HP.
Kekurangan dari produk atau system digitah:
• Membuat manusia malas berfikit karena terlalu mengandalkan dari produk digital tersebut (manusia tergantung pada digital).
• Produk yang dihasilkan tidak tahan lama (terbatas jangka waktu)
• Memerlukan singkronisasi
Teknologi digital yang berkembang pesat merupakan teknologi yang ditunggu-tunggu oleh lapisan besar masyarakat. Orang rela menyisakan atau “membajetkan” untuk sebuah teknologi digital baru. Memang perkembangan produk digital tidak tanpa hentinya , hal tersebut membuat perkembangan–perkembangan pada hal lainnya.
Lawan dari digital adalah analog. Analog adalah sebuah teknologi yang kurang lebih mengalir secara terus menerus. Analog merupakan sebuah proses yang mempunyai sedikit andil dalam pertumbuhan digital. Kelebihan dari system atau proses analog adalah
• Tidak mudah atau cepat rusak dimakan usia.
• Biaya yang dikeluarkan untuk membeli atau mendapatkan cukup mudah dan murah.
• Hasil yang didapatkan lebih tepat.
Kekurangan analog
• Tidak efisien
• Lambat dalam pengoprasiannya.
Dalam system computer, perbedaan antara system digital dengan analok sangatlah mencolok. Computer analog yang paling rumit adalah otak manusia, yang memiliki kapasitas mahabesar untuk secara bersamaan memproses masukan-masukan yang terus berubah dalam jumlah cukup besar dan mengkoordinasi tanggapan-tanggapan kompleks saat itu juga atau real time.
Namun meski sangat berguna, semua computer analog buatan manusia memiliki kelemahan besar, mereka tidak bias mengukur dengan teliti. Misalnya terletak pada kemampuan mereka untuk secara konsisten terus menerus merekam perubahan-perubahanyang terus menerus terjadi. Pada setiap pengukuran, selalu terdapat peluang untuk keragu-raguan. Dalam system-sistem yang memerlukan ketepatan koordinasi peristiwa-peristiwa, kesalahan kecil dalam pembacaan bias diperbesar beberapakali dan hasilnya adalah terjadinya kekeliruan yang sangat besar.
Komputer-komputer digital mampu melakukan pengukuran jauh lebih tepat karena mereka tidak melakukan keragu-raguan. Bukannya terus menerus merekam sinyal-sinyal yang merekam terima dari nilai yang terkecil sampai yang terbesar, computer digital hanya mengenal angka-angka diskrit (discrete) yang nilainya Persis.




DAFTAR PUSTAKA

Fiddler,Roger.2003.Mediamorfosis.Yogyakarta:Bentang Budaya.

http://www.gaulislam.com/digital-vs-analog

http://telekomui.org/?=51

Tidak ada komentar: