Senin, 28 Juli 2008

teknologi 3,5

TEKNOLOGI 3,5 G
Perkembangan teknologi saat begitu cepat. Salahsatu contoh dari kemajuan teknologi adalah 3,5G. 3,5G merupakan teknologi transmasi data pita lebar yang dapat digunakan secara pindah-pindah (mobile broadband) yang berbasis HSDPA (High-seepd downlink Packet Access). Teknologi ini mampu mengirim data awal (intial data transmission speed) dengan kecepatan hampir sepuluh kali lipat dari kecepatan teknologi 3G. teknologi 3,5G merupakan penyempuranaan dari teknologi sebelumnya yaitu 3G. dalam peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari 3G (>2Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia.
Kemajuan teknologi di era yang semakin canggih ini memberikan kemudahan bagi penggunanya. Bagaimana tidak? Seseorang dapat berbicara dan bertatap muka walaupun berada jarak yang jauh. Dengan menggunakan fasilitas-fasilitas video call. Kemudahan 3,5G bukan hanya itu saja, teknologi 3,5G memnungkinkan penggunaannya untuk memenen ragam sajian multimedia seperti steaming video, steaming music, mobile TV, game online, internet broadband, dll. Bukan hanya fasilitas-fasilitas yang diajukan, “kecepatan” juga ditawarkan. Fasilitas yang ditawarkan oleh 3,5G sangatlah bermanfaat bagi kebanyakan orang. Perkembangan teknologi 3,5G berbasis HPDPS dikembangakan dari W-CDMA (Wideband CDMA) dan memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). Beberapa penggunaan teknologi 3,5G:
1.HSDPA merupakan Evolusi WCDMA dari Ericsson dimana teknologi ini merupakan protokol tambahan pada sistem WCDMA (Wideband CDMA) yang mampu mentransmisikan data berkecepatan tinggi.
2.WiBro (Wireless Broadband ). WiBro merupakan bagian dari kebijakan bidang teknologi informasi Korea Selatan yang dikenal dengan kebijkan 839. Winbro
3.mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga 50 Mbps.


Spesifikasi
Platform kecepatan
GPRS max 155 Kbps
EDGE max 263 Kbps
3G max 384 Kbps
HSDPA ( 3,5G) max 3,6 Mbps
Banyak sekali keunggulan dari produk 3,5G tersebut. Selain memberikan kemudahan bagi para penggunanya, 3,5G juga memberikan kebebasan dan harga maupun untuk mendapatkannya tidaklah sulit dan sesuai dengan jangkauan. Sudah banyak orang mengetahui teknologi baru ini, tetapi masih sedikit orang yang menggunakan kemudahan dari 3,5G ini dikarenakan orang kurang paham dalam penggunaan teknologi baru tersebut. Hanya orang tertentu saja yang mempunyai dan menggunakan fasilitas ini, kebanyakan hanya eksekutif ataupun pembisnis saja yang menggunakannya. Keunggulan teknologi tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Teknologi 3,5G mempunyai banyak manfaat khususnya dikalangan pembisnis dikarenakan layanan dan fasilitas yang memadai untuk berkomunikasi keklien-klien yang banyak dan jauh.
Keunggulan-keunggulan dari teknologi 3,5G contohnya fasilitas yang terdapat pada telepon seluler (HP). Fasilitas-fasilitas mudah yang diberikan hanya dalam satu genggam ini memudahkan pengguna untuk lebih mengevisienkan waktu. Tidak kerepotan untuk mencari warnet ataupun menjinjing sebuah leptop untuk mengakses internet, semua fasilitas sudah tersedia dalam suatu wadah kecil yang bisa disebut juga HP 3,5G. bermacam telepon seluler memberikan penawaran dengan harga yang terjangkau sekaligus memberikan kecanggihan teknologi yang secara rutin menawarkan kecanggiha dan model-model baru contohnya saja, Nokia, Sony Ericsson, Samsung, B-yon, LG, Hi-tech, dan produk-produk baru lainnya. Telepon selluler merupadan produk yang selalu berkembang secara cepat. Hampir setiap minggunya mengalami evolusi yang sangat cepat, dari yang hanya dapat digunakan telepon saja (1G), dapat digunakan untuk telepon dan sms (1,5), hingga dapat digunakan video call (3,5).
Adapun kekurangan dari produk 3,5G adalah pemakaian yang mengeluarkan biaya cukup besar, contohnya saja setiap penggunaan fasilitas tersebut dihitung dan dipotong dari pulsa yang ada. Selain itu bagi kalangan yang biasa-biasa saja 3,5G dirasa kurang bermanfaat.
3,5G juga bisa sebagai internet broadband. Operator-oerator di Indonesia yang sekarang menggunakan teknologi 3,5G antaralain Telkomsel, Indosat, dan XL, dan kebanyakan dari operator-operator tersebut menggunakan teknologi 3,5G atau internet broadband cepat yang kecepatan tinggi. Para operator selluler menyediakan internet broadband cepat yang mengacu pada besarnya kuota kemampuan unduh yang akan digunakan oleh pelanggan.
Kemungkinan besar teknologi selalu berevolusi secara cepat. Perkembangan-perkembangan teknologi dari masa kemasa selalu berdampak positif dan negative bagi para penggunanya. Kelebihan yang diberikan selain membuat manusia merasa dimudahkan juga akan mengakibatkan ketergantungan tehadap teknologi tersebut dan juga akam menimbulkan tindakan kriinalitas cyber krime.

DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/3,5
http://amir.karimuddin.com/dan-indosat-35g-memang-cepat.html
http://www.telkom.net/kamus internet detail.php?cid=2&id=567

Tidak ada komentar: